BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Perusahaan
Kami dari perusahaan makanan BANANA
BAKNIS (Bakar Manis) yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan
dengan bahan dasar pisang dengan rasa yang
beraneka rasa yaitu (Coklat,Strawberry,Keju)
Kami memilih makanan ini karena buah
pisang mudah di temukan dan sekaligus turut serta untuk meramaikan aneka,dan
masyarakat Indonesia yang relatif menyukai makanan ringan,kami pun ingin
membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetiter lainnya dengan variasi makanan
yang berbeda.
Kami berusaha menyajikan makanan
ringan yang sehat serta layak di konsumsi. Kami mengharapkan masyarakat
merasakan manfaat dari menkonsumsi makanan Banana Baknis kami.
BAB II
Visi & Misi
Visi
Menjadikan
makanan pisang menjadi lebih dikenal dan menjadi pilihan utama sebagai makanan
ringan bagi masyarakat Indonesia.
Misi
1. Berorientasi
kepada kepuasan konsumen.
2. Membuat
aneka makanan pisang dengan berbagai rasa.
3. Memperkenalkan
kepada masyarakat bahwa buah pisang bisa menjadi makanan ringan.
Keistimewaan
produk Makanan Banana Baknis ini diantaranya :
v Hidangan
cepat saji yang lezat dan bergizi.
v Harga
relative terjangkau oleh semua kalangan.
v Memiliki
variasi rasa (coklat,strawberry,keju).
v Dapat
diterima oleh semua kalangan.
BAB
IV
Bauran /Analisi 4P
1. Product
·
Type : Banana
·
Brand : BANANA BAKNIS
·
Quality : Tanpa bahan pengawet
·
Packing : Menggunakan mika sebagai pengemas produk
2. Price
·
Price List : Rp. 7000 (untuk
semua rasa)
3. Promotion
·
Advertising : Menggunakan media
jejaring social
·
Sales promotion : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan
·
Personal Selling : Berkeliling dan menjual secara langsung
kepada pelanggan
4. Place
·
Berlokasi di wilayah kampus ,dan
dipinggir jalan
BAB V
Perusahaan kami memproduksi sebuah
makanan yaitu Banana Baknis. Banana Baknis adalah sebuah makanan pisang yang
dibakar dan memiliki banyak pilihan rasa yaitu: Coklat,Keju dan Strawberry.
Kami ingin memproduksi makanan ini 100/pcs perharinya.
BAB VI
Target Dan Segmentasi Pasar
§ Geografi
1. Wilayah
yang kita jadikan target yaitu wilayah Kalimalang, alasan kita memilih
Kalimalang karena bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan
dikota ini.
2. Kami
melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji, sehingga kami
memanfaatkan peluang ini.
§ Demografi
Berdasarkan
demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan mahasiswa, dosen dan
lingkungan sekitar kampus J Universitas Gunadarma untuk mempermudah kami
memperoleh informasi pasar.
2.4 Strategi Pemasaran
Ø Perkenalan Bisnis
Produk
yang kami tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat, bergizi, dan harga yang
terjangkau. Produk ini bernama “BANANA BAKNIS” yaitu pisang pilihan yang sehat untuk
dikonsumsi. Banana baknis ini mempunyai varian rasa yaitu cokelat, strawberry
dan keju.
Ø Membangun jaringan dengan usaha
lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki
produk banana baknis ini yang berbahan baku seperti pisang, mentega, cokelat,
keju dan strawberry. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada
perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kami demi meningkatkan kualitas
produk kami.
Ø Menciptakan inovasi pada desain
yang ditawarkan.
Produk
kami kali ini yang pertama : banana baknis dengan dilapisi cokelat strawberry
maupun keju kedepannya kami ingin berinovasi untuk membuat banana baknis isi.
Ø Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang kami buat.
Ø Media pemasaran
Kami
akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social.
BAB VII
Kebutuhan
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Pisang
kepok
|
2
|
Rp
9000
|
Rp
8.000
|
Mentega
|
1
|
Rp
12.000
|
Rp
12.000
|
Coklat
|
2
|
Rp
10.000
|
Rp
20.000
|
Keju
|
2
|
Rp
15.000
|
Rp
30.000
|
Strawberry
|
2
|
Rp
17.000
|
Rp
34.000
|
Kemasan
|
4
|
Rp
8.000
|
Rp
32.0000
|
Total
keseluruhan
|
13
|
Rp
71.000
|
Rp.136.000
|
BAB
VIII
1.5 Struktur Organisasi

BAB VIIII
A.
WEAKNESSES
(KELEMAHAN)
·
Tidak tahan lama dan mudah basi
·
Modal usaha yang kecil
B.
THREATS
(ANCAMAN)
·
Banyak makanan dengan variasi yang lain
·
Ada jenis makanan yang sama
·
Harga produk competitor bersaing
·
Selera konsumen variatif
BAB X
Kami membuat makanan Banana Baknis
ini ingin mengembankan pisang menjadi makanan yang lebih dikenal oleh
masyarakat dengan adanya 3 Variant rasa seperti: Coklat,Strawberry dan keju.
Selain itu Banana Baknis ini juga adalah salah satu makanan sehat dan bias untuk dinikmati untuk seluruh
kalangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar